Detik-Detik RS Menghabisi Suripto, Lantas Membawa Brankas Berisi Uang Ratusan Juta

Detik-Detik RS Menghabisi Suripto, Lantas Membawa Brankas Berisi Uang Ratusan Juta
Tersangka RS saat memperagakan adegan membuang HP milik Suripto. Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Sejumlah fakta terungkap dalam rekonstruksi kasus perampokan disertai pembunuhan berencana yang dilakukan RS terhadap Suripto (33), satpam gudang rokok Camel, di Kecamatan Serengan, Surakarta, Jawa Tengah.

Dalam rekonstruksi yang digelar Satreskrim Polresta Surakarta, Selasa (30/11), tersangka RS alias S juga dihadirkan di tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan Suripto, di Serengan Solo.

Sebanyak 69 adegan diperagakan RS yang merupakan mantan rekan kerja korban. Pelaku juga beraksi sendirian.

"Tersangka RS melakukan tindak pidana penganiayaan pada korbannya menggunakan tangan kosong," kata Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak seusai rekonstruksi.

Rekonstruksi juga menggambarkan bagaimana detik-detik tersangka RS melakukan pemukulan secara bertubi-tubi ke bagian dada dan kepala Suripto.

"Tersangka kemudian memegang rambut korbannya dan membentur-benturkan kepala Suripto ke lantai hingga (korban) tidak berdaya," ucap Kombes Ade.

Setelah menghajar mantan rekan kerjanya itu, RS yang bekas sekuriti di gudang itu lantas masuk ke dalam ruang brankas.

Pelaku kemudian mengangkut brankas yang berisi uang tunai Rp 310.109.900 menggunakan troli.

Setelah menghabisi mantan rekan kerjanya, Suripto, tersangka RS alias S yang beraksi sendirian lantas membawa brankas berisi uang ratusan juta.