Detik-detik RSLI Tangani Persalinan Pasien Covid-19

Detik-detik RSLI Tangani Persalinan Pasien Covid-19
Ilustrasi bayi. Antara

jpnn.com, SURABAYA - Hari Senin (20/9) pukul pukul 20.20 WIB, merupakan hari yang berbahagia bagi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI). Pasalnya, malam itu seorang ibu melahirkan bayi laki-lakinya dengan persalinan normal.

Proses persalinan itu dibantu tenaga kesehatan (RSLI) sebanyak lima dokter mulai dari bidan perawat hingga dokter umum. Bayi tersebut lahir dengan berat 2.500 gram dan panjang 48 centimeter.

dr Ainul menjelaskan secara rinci proses kelahiran bayi itu. Dari pengakuan sang ibu sebenarnya sudah merasakan nyeri kencang sejak pagi setelah senam.

"Dia mengira sakit perut biasa dan tidak melapor ke pihak medis," ujar Ainul tertulis, Selasa (21/9).

Kehamilan itu merupakan kedua kalinya, di mana saat pertama kali melahirkan sang ibu melalui operasi cesar karena panggulnya sempit.

Pukul 20.00 WIB, ketika dr Ainul visit di ruangan Mars mendapat kabar adanya pasien di Saturnus ketubannya pecah. Kemudian dia menghubungi perawat untuk mengambil Dopler memeriksa denyut jantung bayi (DJB).

Saat tiba di bed, selimut sang ibu sudah basah dan berwarna merah yang menandakan ketuban memang sudah pecah.

"Saat mau memeriksa DJB ternyata sudah kelihatan kepala bayinya. Langsung kamu siapkan partus set dan infus buat ibu melahirkan," jelas dia.

Bayi yang lahir dari pasien Covid-19 di RSLI berjenis kelamin laki-laki dengan berat 2.500 gram