Di Era Jokowi, Wajah Perbatasan Berubah Total

Di Era Jokowi, Wajah Perbatasan Berubah Total
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo selaku Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengatakan, selama empat tahun pemerintahan Jokowi – JK, wajah wilayah RI di perbatasan sudah berubah total.

“Selama 4 Tahun perjalanan BNPP, wajah perbatasan yang diidam- idamkan oleh warga negara Indonesia akhirnya terwujud. Hal ini juga merupakan salah satu komitmen Bapak Presiden sejak awal jalannya pemerintahan,” kata Tjahjo saat Konferensi Pers 4 Tahun Pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla yang diselenggarakan di Gedung Sekretariat Negara Jakarta, Rabu (24/10).

Tjahjo secara rinci menyampaikan capaian – capaian kerja yang telah di dapat oleh BNPP sebagai institusi yang telah ia pimpin selama 4 Tahun ini dengan tema “Progress Pembangunan Kawasan Perbatasan”.

BNPP telah membangun 7 PLBN (Pos Lintas Batas Negara). Jumlah tersebut tentunya akan terus bertambah seiring dengan langkah bersama yang dilakukan BNPP dan 17 kementerian/lembaga terkait.

“Selama 3 Tahun, sudah 7 PLBN yang dibangun dari total 187 kecamatan yang ada. Ini merupakan kolaborasi yang solid antar 17 kementerian/lembaga yang ikut terlibat,’ ungkap Tjahjo.

Selaku Ketua BNPP, Tjahjo pun mengungkapkan bahwa masih banyak hal yang harus dicapai dan belum saatnya untuk merasa puas. “Di akhir masa pemerintahan Bapak Jokowi dan Bapak Jusuf Kalla masih banyak hal yang harus dicapai. Masih ada beberapa PLBN di perbatasan Timor Leste, Papua Nugini dan Malaysia yang harus segera di selesaikan, jangan langsung puas dulu,” tukas Tjahjo.

Di akhir keteranganya, Tjahjo berpesan kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta mengawal program pemerintah.

“Masyarakat harus aktif ikut serta mengawal setiap program pemerintah. Ini merupakan keseriusan pemerintah agar program perencanaan pembangunan nasional dapat berjalan dari mulai pusat sampai daerah,” ujar Tjahjo. (jpnn)


Pemerintah Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla memberi perhatian pada wilayah perbatasan, terbukti sudah dibangun 7 pos lintas batas negara (PLBN).


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News