JPNN.com

Di Tengah Ancaman Kerusuhan, Guru Spiritual Cabul Divonis 10 Tahun Bui

Selasa, 29 Agustus 2017 – 06:53 WIB
Di Tengah Ancaman Kerusuhan, Guru Spiritual Cabul Divonis 10 Tahun Bui - JPNN.com

jpnn.com, INDIA - Sekitar 10 ribu polisi berjaga di titik-titik strategis kawasan utara Negara Bagian Haryana, India, kemarin (28/8) terkait pembacaan vonis bagi Gurmeet Ram Rahim Singh alias guru of bling.

Aparat tidak ingin kerusuhan di Kota Panchkula yang menewaskan 32 orang pada Jumat terulang. Namun, karena vonis dibacakan tanpa kehadiran Singh, tidak ada gangguan keamanan yang berarti.

”Pengadilan menjatuhkan hukuman sepuluh tahun penjara kepada terdakwa,” kata Ram Niwas, salah seorang birokrat di Haryana, Senin (28/8). Itu merupakan vonis susulan.

Jumat (25/8) pengadilan di Panchkula, negara bagian Haryana, sudah menyatakan Singh bersalah karena memerkosa dua pengikutnya pada 2002. Namun, ribuan pengikutnya marah dan memicu kerusuhan di mana-mana. Akhirnya, pembacaan hukuman pun tertunda.

Baru kemarin, sekitar pukul 14.30 waktu setempat, vonis dibacakan. Tidak seperti Jumat lalu, kali ini Singh tidak hadir dalam sidang. Pria 50 tahun itu tetap mendekam di salah satu penjara Kota Rohtak.

Pemimpin sekte Dera Sacha Sauda itu terpaksa mendengar vonis dari balik jeruji besi. A.K. Panth, pengacara Singh, menegaskan bahwa kliennya tidak bersalah. Karena itu, dia bakal mengajukan banding.

Di tempat terpisah, Vipassana Insan, juru bicara Dera Sacha Sauda, justru mengimbau para pendukung Singh yang jumlahnya ratusan ribu untuk menghormati putusan pengadilan.

Hingga kemarin, sekte yang didirikan Singh itu tercatat memiliki 200.000 pengikut. Meski pengadilan mendapatkan bukti yang menguatkan dakwaan pemerkosaan, Singh yang selalu berpenampilan nyentrik itu hingga kini terus menyangkal.

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil