Di Tengah Wabah Corona, Jokowi Sering Konsumsi Jahe Merah, Kamu Sudah?

Di Tengah Wabah Corona, Jokowi Sering Konsumsi Jahe Merah, Kamu Sudah?
Ilustrasi bejo jahe merah. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi mengakui saat ini mengonsumsi jahe merah tiga kali dalam satu hari, sejak wabah corona menyebar.

Padahal biasanya, Jokowi mengatakan konsumsi jahe merah hanya dilakukan satu kali sehari. Yaitu, pada pagi hari demi menjaga kesehatan.

"Saya biasanya tiap hari minum itu, temulawak, jahe, sereh, kunyit, saya campur. Saya minum hanya pagi hari. Sekarang karena ada virus corona, saya minumnya pagi, siang, malam," ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3) dikutip dari cnnindonesia.com.

Tak cuma untuk konsumsi pribadinya, Jokowi juga menyajikan minuman jahe merah ke seluruh tamu yang hadir di kantornya. Hal ini dilakukan demi menekan penularan virus corona.

"Sekarang tamu-tamu saya kalau pagi, siang, dan malam saya beri minuman itu. Bukan teh, tapi temulawak, jahe, sereh, kunyit, campur jadi satu," jelasnya.

Sebelumnya khasiat jahe merah juga disebutkan oleh Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, Jahe merah tinggi akan antioksidan yang berfungsi sebagai zat pencegah radikal bebas yang menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Rimpang jahe mengandung 19 komponen bioaktif yang berguna bagi imun tubuh. Jahe merah merupakan tanaman asli yang ditanam oleh petani Indonesia, dan juga sudah digunakan turun temurun untuk berbagai penyakit.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa jahe merah memiliki fungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri.

Presiden Jokowi mengakui saat ini mengonsumsi jahe merah tiga kali dalam satu hari, sejak wabah corona menyebar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News