Diaspora Galang Donasi untuk Gempa Aceh

Diaspora Galang Donasi untuk Gempa Aceh
Para tokoh masyarakat Aceh di perantauan di wilayah Se-Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat bersama Menteri ATR Sofyan Djalil, saat acara menggalang donasi untuk korban gempa Pidie Jaya di Mess Aceh Jakarta, Rabu (14/12). FOTO: M Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat Aceh di perantauan se-Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat yang tergabung dalam Taman Iskandar Muda menggalang donasi untuk korban gempa Pidie Jaya.

Tidak hanya itu, masyarakat Aceh keturunan Tionghoa atas inisiasi Tengku Anwar bersama sekitar 65 pengusaha lain juga menghimpun donasi bagi rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa dan setelah masa tanggap darurat berakhir.

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan silaturahmi dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Mess Aceh, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/12).

Acara itu dihadiri utusan pemerintah daerah dan pusat, termasuk Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil.

Sementara Plt Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, yang telah berada di Jakarta sejak tadi malam, terpaksa kembali ke Aceh pagi tadi, karena harus menyambut kunjungan kedua Presiden Joko Widodo kedua kali pascagempa Pidie Jaya.

Ketua Umum PP Taman Iskandar Muda Surya Dharma mengatakan gempa Pidie Jaya dirasakan cukup besar oleh masyarakat di sana. Bahkan, kondisi korban hampir sama dengan gempa Desember 2004 silam.

"Ini satu keprihatinan kita bangsa Indonesia. Ada 100 ribu kepala keluarga lebih yang berhimpun di organisasi ini. Musibah di Aceh merupakan musibah kami yang domisili di Jakarta," kata Surya, saat konferensi pers di sela-sela acara itu.

Dia mengatakan sebagai respon dari diaspora Aceh di Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat, telah mendirikan posko di Sekretariat Setiabudi Barat No.1, sekretariat PP Taman Iskandar Muda, Jakarta. Dia bersyukur karena dukungan terhadap tim begitu besar.

JAKARTA - Masyarakat Aceh di perantauan se-Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat yang tergabung dalam Taman Iskandar Muda menggalang donasi untuk korban

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News