Rabu, 15 Agustus 2018 – 09:59 WIB

Dibandingkan Daging, 5 Makanan Ini Lebih Kaya Zat Besi

Senin, 04 Juni 2018 – 04:14 WIB
Dibandingkan Daging, 5 Makanan Ini Lebih Kaya Zat Besi - JPNN.COM

Sayuran. Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Tubuh membutuhkan zat besi. Daging merah seperti sapi atau kambing mengandung zat besi tinggi. Meski demikian, makanan tersebut tidak baik jika dikonsumsi terus-terusan. Lantas, bagaimana cara memenuhi zat gizi selain dengan mengonsumsi daging merah?

Faktanya, sumber zat besi bisa didapat dari jenis makanan lain, bahkan kandungan zat besinya diketahui lebih kaya!

Zat besi adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh manusia. Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, akibat kekurangan zat besi, Anda bisa mengalami anemia atau defisiensi zat besi.

“Tanpa zat besi yang cukup, tubuh akan mulai menggunakan cadangan zat besi yang lama-kelamaan akan habis digunakan. Setelah cadangan zat besi habis, jumlah sel darah merah yang dibuat tubuh akan semakin sedikit,” ujarnya.

Idealnya, wanita mesti mendapatkan 18 mg zat besi per hari, sementara pria membutuhkan 8 mg. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan zat besi yang cukup adalah mengonsumsi daging merah. Satu porsi daging sapi tanpa lemak berbobot 3 ons mampu memenuhi kebutuhan zat besi hingga 2,5 mg.

Penelitian memang menunjukkan bahwa daging merah memberikan nutrisi penting termasuk zat besi, asam amino pembentuk otot, vitamin B12, dan seng. Namun, jika dikonsumsi terus-terusan, justru akan meningkatkan risiko timbulnya beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga jenis kanker tertentu.

Kalau begini, jenis makanan apa yang baik untuk dikonsumsi untuk menggantikan daging merah sebagai sumber zat besi? Dilansir dari Prevention, inilah daftar makanan pengganti daging yang kaya akan zat besi.

1. Bayam.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar