Dicetak 100 Ribu Hektar Sawah Baru

Dicetak 100 Ribu Hektar Sawah Baru
Dicetak 100 Ribu Hektar Sawah Baru
PALEMBANG–-Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, M Hatta Rajasa menegaskan, tahun ini pemerintah pusat bakal mencetak 100 ribu hektare sawah baru di sejumlah provinsi di Indonesia. Khusus Sumsel, dialokasikan sekitar 30 ribu.

Menurut Hatta, alokasi sawah baru untuk Sumsel itu, sekitar 33 persen dari total yang akan dicetak secara nasional. Sumsel menjadi salah satu provinsi penyangga ketahanan pangan. “Pencetakan sawah baru ini untuk mencapai target surplus 10 ribu hektare pada 2014,” jelas Hatta, usai  menghadiri wisuda sarjana dan pascasarjana Stisipol Candradimuka Palembang di Hotel Aryaduta Palembang, kemarin. 

Hatta meminta program pemerintah pusat ini bisa didukung semua kepala daerah, baik Gubernur, Bupati maupun Wali Kota. Pusat akan menyediakan dana dari APBN 2012, plus tambahan pembiayaan Rp1,7 triliun.

Program ini rencananya berlangsung hingga 2014 mendatang. Dukungan yang diharapkan pusat, pemerintah daerah bisa menyiapkan lahan seluas yang dibutuhkan untuk program pencetakan sawah baru. “Pendanaan dari pusat selain untuk pencetakan sawah baru, juga untuk berbagai fasilitas pendukung seperti pembangunan irigasi dan lainnya,” kata Hatta lagi. Pola pencetakan sawah baru, nantinya akan diatur oleh pemerintah daerah masing-masing, bukan pusat.

PALEMBANG–-Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, M Hatta Rajasa menegaskan, tahun ini pemerintah pusat bakal mencetak 100 ribu hektare

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News