Diduga Makar, 15 Orang Ini Ditangkap Polisi

Diduga Makar, 15 Orang Ini Ditangkap Polisi
Personel Polres Manokwari mengamankan 15 orang dalam aksi makar yang digelar di terminal Wosi Manokwari Papua Barat, Minggu (27/11/2022). (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

jpnn.com, MANOKWARI - Sebanyak 15 orang yang dituduh melakukan aksi makar ditangkap polisi dari Polres Manokwari, Papua Barat.

Dugaan makar terjadi saat puluhan warga memperingati hari jadi West Papua New Guinea (WPNG) di terminal Wosi Manokwari, Minggu (27/11).

Menurut Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom, belasan orang itu kini diperiksa untuk diketahui peranan mereka dalam aksi tersebut.
 
Dia menyebut aksi yang diduga bertentangan dengan ideologi NKRI itu dibalut kegiatan ibadah.

"Ada teriakan Papua merdeka hingga pembentangan simbol-simbol yang dilarang di negara kita," kata AKBP Herman.

Hasil pemeriksaan awal diketahui 15 orang yang ditangkap polisi adalah koordinator lapangan aksi, penghubung masyarakat, hingga simpatisan yang hadir dalam kegiatan terlarang itu.

Perwira menengah Polri itu mengatakan pada saat aksi tersebut, mereka menyebut bahwa presidennya saat ini berada di Belanda.

"Setelah pemeriksaan, akan kami gelar untuk menentukan siapa yang patut ditetapkan sebagai tersangka sesuai dengan pasal 106 KUHP tentang makar," ucapnya. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Belasan orang ditangkap anak buah AKBP Parasian Herman Gultom gegara diduga makar di Manokwari. Ini yang mereka lakukan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News