Dijatah Rp 35 T, Kemenag Minta Tambah

Beralasan Gratiskan SPP MTs dan MA

Dijatah Rp 35 T, Kemenag Minta Tambah
Dijatah Rp 35 T, Kemenag Minta Tambah
JAKARTA - APBN 2012 belum dibahas, namun kementerian agama (kemenag) sudah merasa kurang dengan plot anggaran yang tengah dirancang. Lembaga pimpinan Suryadharma Ali ini minta anggaran lebih besar dibanding yang sudah diplot sementara.

  

Dalam pagu indikatif rancangan awal RKP (rencana kerja pemerintah) than 2012, kemenag mendapat jatah Rp 35 triliun. Karena merasa kurang, lembaga ini minta tambah Rp 4,8 trilun. Tambahan itu di antaranya akan digunakan untuk membebaskan uang pangkal dan SPP MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah).

Selain itu juga untuk pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA) dan kantor wilayah (kanwil) baru di daerah-daerah pemekaran. "Secara keseluruhan Kementerian Agama membutuhkan dana Rp 39,9 triliun," ujar Menag Suryadharma Ali (SDA) di Komisi VIII DPRD, Senin (6/6).

SDA memaparkan, tambahan anggaran tersebut digunakan untuk tiga pos pengeluaran. Yaitu fungsi agama, fungsi pelayanan umum, dan fungsi pendidikan. Menurut menteri yang juga Ketua Umum DPP PPP tersebut, pagu sementara yang sudah disusun ternyata masih kurang untuk menggerakkan tiga fungsi tadi.

JAKARTA - APBN 2012 belum dibahas, namun kementerian agama (kemenag) sudah merasa kurang dengan plot anggaran yang tengah dirancang. Lembaga pimpinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News