Diminta Garap Kereta Cepat, INKA Disarankan Gandeng Perusahaan Asing

Diminta Garap Kereta Cepat, INKA Disarankan Gandeng Perusahaan Asing
ilustrasi kereta cepat

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Perkeretaapian‎ Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko meminta PT Industri Kereta Api (INKA) turun tangan untuk membangun jalur kereta api Trans Sumatera.

Agar cepat tuntas, Kemenhub menyarankan perusahaan pelat merah tersebut bekerjasama dengan perusahaan luar negeri guna menciptakan gerbong dan lokomotif dengan spesifikasi tinggi.

"Mungkin sebaiknya (INKA) bisa kerjasama dengan luar negeri dulu untuk memenuhi itu (pembangunan gerbong-red). Bisa dengan Jepang atau Tiongkok, jadi nanti akan ada transfer teknologi," ujar Hermanto di Hotel Mercure, Jakarta, Rabu (16/12).

Hermanto menambahkan, nantinya kereta yang akan memiliki kecepatan 200 km/jam ini lebih didominasi untuk mengangkut barang. Sementara kereta penumpang nantinya tetap akan ada dan diberikan subsidi.

"Kami akan subsidi, karena nilai ekonomisnya di sana belum ada. Rencananya kami akan berikan ke PT KAI yang juga akan mengoperasikannya," kata Hermanto. (chi/jpnn)


JAKARTA - Direktur Jenderal Perkeretaapian‎ Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko meminta PT Industri Kereta Api (INKA) turun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News