Dinas Peternak Sebut Ratusan Sapi di Aceh Positif Wabah LSD

Dinas Peternak Sebut Ratusan Sapi di Aceh Positif Wabah LSD
Petugas tengah melakukan pemeriksaan kesehatan ternak sapi dari luar daerah guna antisipasi pencegahan virus penyakit kuku dan mata. Foto: Antara

jpnn.com, ACEH TIMUR - Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Timur mengatakan ratusan sapi sedang terjangkiti wabah Lumpy skin disease (LSD) atau cacar.

"Selain PMK (penyakit mulut dan kuku) di Aceh Timur juga sedang mewabah penyakit LSD atau lebih dikenal cacar pada sapi," kata Kepala Seksi Budi Daya Pengembangan Kawasan dan Penyebaran Ternak Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Timur Herryza, Selasa (17/5).

Dia menjelaskan tercatat sebanyak 678 ekor sapi mengalami positif LSD.

Menurut dia, tim Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Timur terus berupaya menangani sapi positif LSD tersebut dengan menyuntikkan vaksin.

"Sudah seribu dosis vaksin yang diberikan untuk sapi yang sudah dinyatakan positif berdasarkan hasil laboratorium maupun yang baru memiliki gejala," kata Herryza.

Selain memberikan vaksin, lanjut Herryza, pihaknya kemungkinan akan menutup sementara pasar hewan.

Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah penyakit yang menyerang ratusan ekor sapi tersebut.

"Kami juga akan menghentikan sementara lalu lintas pengiriman atau ternak yang masuk ke Aceh Timur baik sapi, kambing, kerbau, dan domba," tutur dia.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Timur mengatakan ratusan sapi sedang terjangkiti wabah Lumpy skin disease (LSD) atau cacar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News