JPNN.com

Dingin Banget, Pasir Bromo jadi Lautan Serbuk Es

Jumat, 28 Juni 2019 – 07:13 WIB Dingin Banget, Pasir Bromo jadi Lautan Serbuk Es - JPNN.com

jpnn.com, PROBOLINGGO - Suhu ekstrem terus melanda kawasan Gunung Bromo, Probolinggo Jawa Timur. Bahkan suhu pada 3 hari terakhir mencapai 0 sampai minus 4 derajat celsius.

Akibatnya lautan pasir Gunung Bromo dipenuhi serbuk es dari embun yang membeku. Karena itu diimbau agar warga dan pengunjung selalu mengenakan baju hangat.

Hamparan pasir itu dalam beberapa hari terakhir dipenuhi serbuk putih. Serbuk putih ini merupakan butiran es dari embun yang membeku, kontan fenomena alam ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung Bromo.

BACA JUGA : Musim Dingin Bromo Membeku, Suhu Minus 4 Derajat Celsius

Jika menginjak pasir Bromo tanpa mengenakan alas kaki, anda seperti menginjak es yang sudah dihaluskan. Dinginnya sangat luar biasa.

Suhu udara di kisaran 0 hingga 4 derajat selsius, seperti halnya di Eropa. Suhu paling ekstrem di sekitar kawah bromo, lautan pasir hingga di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo.

Arif Mashudi, salah satu pengunjung mengaku dia terbiasa hidup di daerah pesisir pantai, saat menginjakkan kaki di lautan pasir bromo, dia seperti menginjak es.

"Memang dingin sekali seperti menginjak es," ujar Arif.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...