Dinsos Berdayakan Ratusan Gakin

Dinsos Berdayakan Ratusan Gakin
Dinsos Berdayakan Ratusan Gakin
PENANGGULANGAN kemiskinan di ibu kota dilaksanakan dengan konsep yang langsung menggapai masyarakat yang tidak memiliki permasalahan sosial. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Kian Kelana, Jumat (23/9).

“Jangkauan kami yakni keluarga yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan keluarganya. Keluarga miskin ditangani dengan pola memberikan bimbingan. Yakni dalam bentuk pelatihan ketrampilan dan bantuan modal usaha,” ujarnya.

Pemberian modal, sambung Kian, melalui program usaha ekonomis produktif (UEP) maupun kelompok usaha bersama (KUBE). “Makanya salah satu konsep kami dengan menjalankan Lembaga Keuangan Mikro Sosial (LKMS). Lembaga ini didirikan bersama-sama masyarakat untuk mengatasi kendala modal anggotanya,” ungkap dia.

Agar anggota UEP dan KUBE bisa langgeng dalam menjalankan program tersebut, kata Kian, dilakukan pendampingan. Sehingga para anggotanya mampu mengelola usahanya. “Tidak hanya memberikan modal, tapi terus didampingi agar bisa terlihat sejauh mana perkembangannya,” imbuhnya.

PENANGGULANGAN kemiskinan di ibu kota dilaksanakan dengan konsep yang langsung menggapai masyarakat yang tidak memiliki permasalahan sosial. Demikian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News