Dipimpin Kim Jong Un, Militer Korut Gelar Simulasi Serangan Nuklir

Dipimpin Kim Jong Un, Militer Korut Gelar Simulasi Serangan Nuklir
Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un tertawa bersama pasukannya. Foto: AFP

jpnn.com, PYONGYANG - Korea Utara (Korut) pada Senin mengatakan tengah melakukan latihan yang mensimulasikan serangan balik nuklir taktis terhadap musuh-musuhnya selama akhir pekan, sebut kantor berita pemerintah Korut (KCNA).

Latihan itu dilakukan saat Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) juga melakukan latihan militer tahunan gabungan mereka.

Pemimpin Korut Kim Jong Un "memandu" latihan yang digelar pada Sabtu dan Minggu itu, termasuk latihan peluncuran rudal balistik yang dirancang untuk memverifikasi pengoperasian perangkat kontrol ledakan nuklir dan detonator, menurut KCNA.

Beberapa foto yang dimuat oleh media pemerintah menunjukkan putrinya Ju Ae juga mengawasi latihan tersebut.

Kim Jong Un "menekankan perlunya untuk membiarkan para personel terbiasa dengan situasi tak terduga dan membuat mereka lebih siap dalam postur aktif mereka untuk melakukan serangan balik nuklir segera dan luar biasa kapan saja," kata KCNA dalam laporan berbahasa Inggris.

Kim mengemukakan "orientasi pembangunan kekuatan nuklir yang penting dan tugas-tugas strategis yang harus dipenuhi dalam mempersiapkan kekuatan nuklir untuk perang," menurut laporan tersebut tanpa memberikan perincian.

Korsel dan AS menggelar latihan militer Freedom Shield yang dijadwalkan akan berlangsung hingga Kamis. Latihan itu ditujukan untuk meningkatkan postur pertahanan mereka terhadap ancaman nuklir dan rudal Korut yang terus berkembang.

Korut mengatakan latihan pihaknya selama dua hari adalah bertujuan melawan latihan "perang" Korsel-AS untuk invasi.

Korea Utara (Korut) pada Senin mengatakan tengah melakukan latihan yang mensimulasikan serangan balik nuklir taktis terhadap musuh-musuhnya

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News