Dirazia, Banyak Koper Jamaah Haji Berisi Zamzam

Dirazia, Banyak Koper Jamaah Haji Berisi Zamzam
Jamaah haji tiba di tanah air. Ilustrasi Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - MADINAH - Petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyesalkan masih banyaknya koper jamaah haji yang berisi air zamzam.

Padahal petugas haji sejak awal sudah mensosialisasikan larangan membawa air zamzam dalam koper, termasuk melalui  selebaran yang dibagikan ke jamaah saat memasuki Kota Madinah di Terminal Hijrah.

Dilaporkan Tim Media Center Haji Kemenag, banyaknya koper jamaah yang berisi zamzam itu terungkap saat dilakukan penimbangan dan pemeriksanaan koper bagasi milik para jamaah, yang sudah dimulai pada Sabtu (10/10). Pemulangan jamaah haji Indonesia dari Madinah akan dimulai pada hari ini (12/10).

Sabtu pagi itu, sejumlah jamaah haji asal Bojonegoro  yang tergabung dalam Kloter 33 Embarkasi Surabaya (SUB) dan Kebumen  yang tergabung dalam Kloter 37 Embarkasi Solo mulai menurunkan kopernya ke lobi Hotel. Kedua Kloter tersebut menginap di Hotel Mubarak Al Masee yang berada tak jauh dari Masjid Nabawi.

Petugas haji yang tergabung dalam PPIH Arab Saudi bersama tim dari Maskapai Garuda melakukan penimbangan koper jamaah sekaligus memastikan  koper-koper tersebut  bebas dari air Zamzam.

Ternyata, masih banyak koper jamaah haji Kloter SUB 33 yang berisi air zamzam. Padahal, selain sudah ada sosialisasi larangan membawa air Zamzam  dalam koper, termasuk melalui  selebaran, jamaah juga sudah meneken surat pernyataan.

Ternyata itu semua tidak mampu membendung keinginan mereka  untuk membawa air zamzam di dalam koper. Bahkan ditemukan ada koper yang berisi air Zamzam yang sengaja dikemas dalam pipa paralon serta diberi selotip PVC supaya tidak terdeteksi petugas.

Ada dua koper yang ditemukan paralon berdiameter 15 centi meter berisi air zamzam yang sudah dikemas dalam kantong plasti bening.

MADINAH - Petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyesalkan masih banyaknya koper jamaah haji yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News