Dirikan Museum dan Replika Rumah di Tanah Kelahiran Pele

Dirikan Museum dan Replika Rumah di Tanah Kelahiran Pele
Dirikan Museum dan Replika Rumah di Tanah Kelahiran Pele
Piala Dunia 2014 memang masih empat tahun lagi.  Namun, Brazil sebagai host terus berbenah.  Selain melakukan perbaikan infrastruktur pendukung pertandingan, mereka menyiapkan lokasi tujuan wisata baru. Salah satunya adalah kampung halaman Pele.

TRES Coracoes bukanlah kota besar.  Kota ini terletak di bagian selatan Provinsi Minas Gerais, salah satu provinsi paling selatan di Brazil. Populasinya hanya sekitar 70 ribu jiwa. Sumber pendapatan penduduk yang utama adalah peternakan.  Dengan kondisi seperti itu, sebetulnya kota ini sama sekali tidak punya potensi pariwisata.

   

Tapi, empat tahun mendatang, Tres Coracoes diharapkan bisa didatangi ribuan turis. Ya, pada musim panas 2014, Brazil akan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Pemerintah  Brazil bakal menyulap kota yang dikenal sebagai kampung halaman Pele tersebut sebagai destinasi wisata.  Legenda sepak bola dunia yang lahir dengan nama Edson Arantes do Nascimento itu memang lahir dan besar di Tres Coracoes. Meski Pele pindah ke Bauru pada umur belasan untuk menimba ilmu sepak bola, pemerintah kota tersebut sangat bangga menjadi tanah kelahiran sang legenda. Mereka mengabadikan namanya sebagai nama jalan dan bermacam fasilitas publik lainnya. Bahkan, mereka mendirikan sebuah patung besar Pele di depan plaza utama kota tersebut.

   

Kini, giliran pemerintah Brazil yang berupaya menyulap kota mini itu jadi lebih berbau Pele. Kementrian Pariwisata berencana mengucurkan dana sebesar USD 400 ribu (setara dengan Rp 3,5 miliar) untuk membangun sejumlah infrastuktur penunjang. Antara lain, museum Pele, serta hotel dan restoran yang juga bertema Pele.

   

Piala Dunia 2014 memang masih empat tahun lagi.  Namun, Brazil sebagai host terus berbenah.  Selain melakukan perbaikan infrastruktur pendukung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News