Dirjen Otda dan Gubernur Djarot Puji Strategi Bupati Anas

Dirjen Otda dan Gubernur Djarot Puji Strategi Bupati Anas
Abdullah Azwar Anas (kanan) dan Djarot Saiful Hidayat. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi strategi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam mengembangkan daerahnya.

Kedua pejabat itu berkunjung ke Banyuwangi, Jumat (29/9) sampai Minggu (1/10). Selain berwisata, mereka membagi pengalaman dan inspirasi kepada kalangan birokrasi dan sejumlah tokoh di Banyuwangi.

Menurut Soni, beragam inovasi pelayanan publik yang dilakukan Banyuwangi patut diapresiasi. “Di Indonesia ini, Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang perkembangannya luar biasa. Dari sisi pelayanan publik maupun dari sisi lainnya, tidak kalah dengan kota-kota besar,” ujarnya di Villa Solong, Banyuwangi, Sabtu (30/9).

Soni mengatakan, keberhasilan Banyuwangi karena mampu mendayagunakan potensi daerah yang luar biasa. “Banyuwangi memiliki Gunung Ijen dan pantai-pantai yang indah. Potensi pariwisata ini telah berhasil dikembangkan dan dipromosikan oleh Banyuwangi dengan sangat baik. Bahkan, promosinya sudah melebihi promosi Meikarta,” selorohnya seraya menyebut salah satu kawasan terpadu baru yang sedang dikembangkan tak jauh dari Jakarta.

Namun, Soni mengingatkan, potensi daerah itu tidak akan berarti apa-apa, jika tidak diimbangi dengan kepemimpinan yang kreatif. Saat ini, Banyuwangi di bawah kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas dan Wabup Yusuf Widyatmoko dinilainya sebagai pemimpin yang kreatif dan inovatif.

“Banyak daerah yang memiliki potensi yang bagus. Namun karena pemimpinnya kurang kreatif, maka potensi itu tenggelam begitu saja. Banyuwangi beruntung karena dipimpin dan dikelola orang-orang yang kreatif dan inovatif,” papar pejabat kelahiran Tulungagung itu.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga terkesan dalam kunjungannya ke Banyuwangi. Dia berharap makin banyak daerah terus berkreasi sehingga Indonesia bisa semakin maju.

“Kami datang untuk berbagi dan bersama-sama membangun daerah. Saya sendiri kenal Pak Bupati Anas ini sudah sangat lama, semoga yang baik ini bisa terus dipertahankan," kata Djarot yang langsung memakai kaos produksi UMKM Banyuwangi.

Selain berwisata, Soni dan Djarot membagi pengalaman dan inspirasi kepada kalangan birokrasi dan sejumlah tokoh di Banyuwangi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News