Disiapkan Rp1 Triliun untuk Beasiswa S3

Disiapkan Rp1 Triliun untuk Beasiswa S3
Disiapkan Rp1 Triliun untuk Beasiswa S3
JAKARTA -- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan, kementrian yang dipimpinnya siap mengucurkan dana sebesar Rp 1 triliun untuk peningkatan jumlah sarjana kualifikasi S-3 (doktor) secara besar-besaran.

Mendiknas  mengatakan, Indonesia membutuhkan ribuan doktor muda. Menurutnya, jumlah doktor di Indonesa masih sangat rendah. Dia mencontohkan, jumlah doktor di seluruh perguruan tinggi negeri hanya 23.000, dari 270.000 total jumlah dosen. “Pemerintah sedang merancang dalam lima tahun ke depan akan memproduksi doktor muda secara besar-besaran,” kata Nuh di Jakarta, Selasa (29/6).

Pemerintah membidik para alumni peserta olimpiade sains agar bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Alasannya, lanjut Mendiknas, alumni olimpiade adalah benih unggul yang probabilitas tumbuhnya sudah pasti baik.  Selain itu, para sarjana S-1 baik dari kalangan dosen maupun masyarakat biasa, juga akan diberi fasilitas menempuh pendidikan hingga jenjang S-3 di dalam dan luar negeri.

Mendiknas  mengatakan, pencetakan doktor – doktor baru harus dirancang sejak sekarang untuk mendapatkan peningkatan jumlah doktor yang signifikan pada tahun 2014. Karena itu, lanjutnya, pemerintah bertekad menyediakan anggaran setiap tahun untuk beasiswa yang jumlahnya Rp 1 triliun, atau bahkan bisa lebih. Mengenai mekanisme pemberian beasiswa, Mendiknas mengatakan sedang dalam tahap pembahasan. (cha/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Cabut Berkas Mulai Ramai

JAKARTA -- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan, kementrian yang dipimpinnya siap mengucurkan dana sebesar Rp 1 triliun untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News