Disiapkan Rp4,5 T Bangun 3 Pabrik Gula

Disiapkan Rp4,5 T Bangun 3 Pabrik Gula
Disiapkan Rp4,5 T Bangun 3 Pabrik Gula
JAKARTA -- Pemerintah beranggapan, salah satu solusi untuk mengerem laju harga gula yang saat ini sudah menembus Rp11 ribu per kilogram adalah dengan membangun pabrik gula. Direncanakan, pada 2010 pemerintah akan membangun setidaknya 3 pabrik gula. Dana yang disiapkan mencapai mencapai Rp 4,5 triliun. Masing-masing pabrik punya kapasitas sebesar 10 ribu tedesik. Keputusan ini diambil melalui rapat koordinasi khusus membahas ketahanan pangan yang digelar di gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Selasa (1/9).

Rapat yang berlangsung hampir tiga jam tersebut dihadiri oleh Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati, Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurthi, Menteri Pertanian Anton Apriantono, Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, dan Menneg BUMN Sofyan Djalil.

Bayu Krishnamurti usai rapat yang berlangsung sekitar tiga jam itu menjelaskan, sebenarnya belum ada keputusan mengenai nilai investasi pembangunan pabrik gula yang direncanakan ini. Hanya saja, diperkirakan untuk satu pabrik dibutukan dana Rp1,1 triliun hingga Rp1,5 triliun. Dananya akan disediakan secara multiyear dana APBN, dimulai sejak APBN 2010.

"Jadi, invenstasi pabrik gula baru akan dilakukan 2010, dan dana datang dari pemerintah. Proyek ini adalah proyek multiyears dalam dua tiga tahun. Kemungkinan satu hingga tiga pabrik. Besarnya belum bisa saya sampaikan tetapi untuk 2010 sudah ada alokasi dananya, untuk pembangunan satu pabrik itu normalnya rata-rata Rp 1,1-1,5 triliun tiap pabrik," ujar Bayu usai rakor kepada wartawan. Proyek multiyears ini ditargetkan selesai dalam dua hingga tiga tahun anggaran.

JAKARTA -- Pemerintah beranggapan, salah satu solusi untuk mengerem laju harga gula yang saat ini sudah menembus Rp11 ribu per kilogram adalah dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News