Disogok Risoles, Petugas Imigrasi AS Loloskan Imigran Gelap

Disogok Risoles, Petugas Imigrasi AS Loloskan Imigran Gelap
Disogok Risoles, Petugas Imigrasi AS Loloskan Imigran Gelap
CALIFORNIA- Seorang pegawai imigrasi Amerika Serikat diadili karena kedapatan menerima suap dari imigran gelap yang ingin masuk ke negara adidaya tersebut. Menariknya, suap yang diberikan pada petugas yang bernama Mai Nguyen Nhu, bukanlah uang tapi makanan berupa gulungan telur berisi sayur-sayuran yang di negara kita sering disebut risoles.

Sogokan yang diterima wanita 47 tahun itu memang lumayan banyak yakni 200 risoles. Kesalahan Nguyen ternyata bukan hanya itu. Terungkap pula, di tahun 2011, dia sempat meminta uang USD 1.000 dan USD 2.000 pada dua imigran lain agar memperoleh green card. Green card adalah dokumen yang diberikan pada warga negara asing yang ingin menetap di Amerika Serikat.

Nguyen melakukan aksinya saat masih bertugas di kantor imigrasi Santa Ana, California. Dia ditangkap pihak berwenang pada 6 Juni lalu tapi dibebaskan kembali setelah membayar uang jaminan senilai USD 20 ribu atau sekitar Rp 199 juta. Pekan ini dia akan menjalani sidang sekaligus memastikan status kepegawaiannya.

Petugas imigrasi Amerika Serikat kerap jadi sorotan karena dinilai gampang meloloskan permintaan warga negara dari imigran gelap. Pada Mei lalu, empat petugas diadili juga karena terbelit masalah serupa. Bedanya sogokan yang didapat lebih bernilai yaitu tiket pesawat ke Thailand pulang pergi, TV 47 inci berikut komputer.

CALIFORNIA- Seorang pegawai imigrasi Amerika Serikat diadili karena kedapatan menerima suap dari imigran gelap yang ingin masuk ke negara adidaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News