Ditanya Penistaan Agama oleh Muhammad Kece, Menkominfo Menjawab Lantang

Ditanya Penistaan Agama oleh Muhammad Kece, Menkominfo Menjawab Lantang
Menkominfo Johnny G Plate bicara tegas soal konten penistanaan agama yang dibuat Muhammad Kece. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjawab dengan lantang pertanyaan soal dugaan penistaan agama oleh Muhammad Kece atau Muhammad Kace melalui konten video di YouTube.

"Tidak boleh ada ruang dan tempat untuk penista agama apa pun di Indonesia, oleh siapa pun," kata Menkominfo Johnny G Plate dengan lantang.

Pernyataan itu disampaikannya menjawab pertanyaan salah seorang anggota Komisi I DPR RI dalam rapat pembahasan rencana kerja dan anggaran Kementerian Kominfo, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/9).

Muhammad Kece saat ini tengah menjalani proses hukum di Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama melalui konten YouTube.

Menteri Johnny pun menjelaskan sejauh ini sudah ada 150 dari 211 konten buatan M Kece yang diajukan sudah ditindak.

"Semua kita tindak, tetapi, tidak bisa serta-merta karena beberapa masih dalam tahap penelitian," kata mantan politikus Senayan itu.

Dia menerangkan untuk menghapus konten yang dianggap melanggar, Kemenkominfo berkoordinasi dengan penyelenggara platform digital.

Johnny menyatakan sebuah konten tidak bisa langsung dihapus begitu saja karena seringkali platform media sosial harus berkonsultasi dengan penasihat di Indonesia sebelum mengambil keputusan.

Menkominfo Johnny G Plate menjawab lantang saat ditanya konten penistaan agama oleh Muhammad Kece melalui konten YouTube, simak kalimatnya.