Ditemukan... Gua Diduga Peninggalan Jepang

Ditemukan... Gua Diduga Peninggalan Jepang
Lubagn masuk Gua yang ditemukan warga/ kaltim post

jpnn.com - GUA baru ditemukan di Kalimantan Timur dan membuar gempar warga di daerah Samarinda. Penemuan berupa terowongan besar itu ditemukan di bawah rumah warga di Jalan RE Martadinata, RT 02, Gang Wahyu, Kelurahan Teluk Lerong Ilir, Samarinda Ulu. 

Warga dan dinas setempat menduga, gua dibangun oleh pasukan Jepang yang sempat menduduki Samarinda, tiga tahun sebelum masa kemerdekaan pada 1945. Pasukan Nippon memang punya strategi pertahanan dengan membuat terowongan bawah tanah. 

Gua yang diduga peninggalan tentara Jepang itu ditemukan tak jauh dari jalan protokol. Tepatnya di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teluk Lerong.  Dari mulut Gang Wahyu, warga tinggal masuk sejauh 100 meter. Rumah gua tepat samping musala.  

Anwar Darmawan adalah pemilik rumah “bergua”. Pria 61 tahun yang punya empat anak tersebut mengisahkan awal mula penemuan gua. Dia menceritakan, gua sebenarnya sudah ditemukan sejak masih muda. Saat itu, usianya masih 20 tahun.

Orangtua Anwar memiliki tanah cukup luas di kawasan Teluk Lerong. Ayahnya lantas membagikan tanah kepada delapan anak.  “Nah, saya mendapat tempat ini. Saat itu, ada lubang kecil di atasnya,” kenangnya.

Dia belum sadar lubang besar itu adalah gua. Warga kerap membuat lubang itu sebagai tempat membuang sampah. Ketika hendak membangun rumah, lubang ditimbun dengan tanah uruk. 

Lebih dari 20 tahun, pria kelahiran 1 Januari 1954 itu mengamati keramik lantai kamar mulai retak. Dinding rumah dari beton pun ikut rengkah. 

“Saya ketuk keramik, terdengar suara kosong. Saya siram dengan air, airnya merembes ke pecahan keramik,” kata pria yang pernah bekerja di PT Segara Timber, sebuah perusahaan kayu lapis yang jaya pada era 1980-an.

GUA baru ditemukan di Kalimantan Timur dan membuar gempar warga di daerah Samarinda. Penemuan berupa terowongan besar itu ditemukan di bawah rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News