Ditjen PAS Gandeng Nusantara Mengaji untuk Khataman Serentak di Lapas

Ditjen PAS Gandeng Nusantara Mengaji untuk Khataman Serentak di Lapas
Salah satu narapidana di Rutan Kelas I Cipinang saat mengikuti khataman Alquran serentak hasil kerja sama Nusantara Mengaji dan Direktorat Jenderal PAS Kementerian Hukum dan HAM. Foto-foto: Humas Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menggelar acara yang belum pernah dilakukan sebelumnya di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) ataupun rumah tahanan (rutan). Kegiatan itu adalah mengkhatamkan Alquran secara serentak di seluruh lapas dan rutan dibawah Kemenkumham, Kamis (20/4).

Untuk kegiatan itu, Ditjen PAS bekerja sama dengan Nusantara Mengaji yang diinisiasi Muhaimin Iskandar. Sekretaris Ditjen PAS Sri Puguh Utami mengatakan, kegiatan gerakan mengaji serentak para napi ataupun tahanan belum pernah diselenggarakan sebelumnya.

"Ini adalah terobosan baru. Tujuannya adalah untuk mengajak para napi menghayati kitab suci mereka, sehingga ketika kembali ke masyarakat, mereka memahami peran manusia sebagai pemimpin dan hamba Allah SWT yang mempunyai kewajiban menaati peraturan yang berlaku," katanya.

Ditjen PAS Gandeng Nusantara Mengaji untuk Khataman Serentak di Lapas

Selain itu, sambungnya, ada beberapa napi yang belum bisa membaca Alquran. Untuk itu, kegiatan membaca Alquran sangat penting untuk melatih mereka belajar melantunkan ayat-ayat suci umat Islam itu.

Khataman serentak di lapas dan rutan itu berlangsung selama dua jam sejak pukul 10.00. Kegiatannya dipusatkan di Rutan Kelas I Cipinang dan dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan Ham Yasonna H Laoly serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Ditjen PAS Gandeng Nusantara Mengaji untuk Khataman Serentak di Lapas

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam kegiatan khataman Alquran serentak di Rutan Kelas I Cipinang hasil kerja sama Nusantara Mengaji dan Direktorat Jenderal PAS Kementerian Hukum dan HAM. Foto: Humas Kemenkumham

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menggelar acara yang belum pernah dilakukan sebelumnya di dalam lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News