Ditjen PSP Kementan Segera Bentuk BLU Pembiayaan Pertanian

Ditjen PSP Kementan Segera Bentuk BLU Pembiayaan Pertanian
Lahan persawahan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan Badan Layanan Umum (BLU) Pembiayaan yang bertugas melakukan pembiayaan bagi sektor pertanian.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.23/2005 tentang Keuangan Negara, BLU merupakan lembaga yang tidak berorientasi profit.

Lewat BLU, pemerintah berperan mendorong modernisasi sektor pertanian, terutama dengan penyediaan alat dan mesin pertanian.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Pending Dadih Permana mengungkapkan, Kementan akan membantu kesulitan para petani, terutama terkait restrukturisasi alat dan mesin pertanian, melalui BLU itu.

Salah satu tujuannya ialah para petani dapat mengajukan kredit terutama yang berkaitan dengan pembelian alat-alat produksi.

Setidaknya, lanjut Pending, BLU akan menyokong pembiayaan pertanian yang tidak tersapu program lain seperti kredit usaha rakyat (KU).

“Selama ini, perbankan jarang bersedia memberikan kredit alat pertanian dan mesin. Rata-rata diberikan banyak untuk budi daya,” ujar Dadih, Jumat (18/1).

Dadih menilai penggunaan alat dan mesin pertanian mutlak dibutuhkan sektor pertanian saat ini.

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan Badan Layanan Umum (BLU) Pembiayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News