Djoko dan Sudi Temui Ketua MPR

Baru Kalangan Birokrasi yang Terapkan Pancasila

Djoko dan Sudi Temui Ketua MPR
Djoko dan Sudi Temui Ketua MPR
JAKARTA - Menko Polhukam Djoko Suyanto mengakui bahwa penerapan 5 sila dari Pancasila belum dilakukan menyeluruh oleh berbagai elemen bangsa ini. Hingga saat ini baru di kalangan birokrat yang menerapkan sila-sila dari Pancasila tersebut. Padahal, kata Djoko, idealnya isi Pancasila dilaksanakan seluruh elemen bangsa ini, bukan hanya di kalangan birokrasi saja.

Pancaila juga mestinya diterapkan di bidang yudikatif, legislatif dan masyarakat umum sekalipun. ”Bagaimana isi pidato dari Pancasila itu seharusnya diterapkan dalam kehidupan semua orang, dan tidak hanya birokrasinya atau yudikasinya saja,” kata Djoko Susilo didampingi Mensesneg Sudi Silalahi usai menemui Ketua MPR RI, Taufiq Kiemas di gedung MPR RI, Jumat (4/5).

Menurut Djoko, saat ini sebagian warga negara hanya melaksanakan butir Pancasila khusus di bagian-bagian yang menguntungkan diri atau kelompoknya saja. ”Kalau semuanya menerapkan sila pertama sampai kelima secara utuh semua akan baik. Tapi tidak semua menerapkannya. Masih ada segelintir warga negara yang belum melaksanakan isi dari Pancasila secara maksimal,” papar Djoko.

Kedatangan Djoko dan Sudi Silalahi menemui Ketua MPR Taufiq Kiemas adalah sebagai  utusan Presiden SBY terkait rencana upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang. Keduanya menyampaikan kalau Presiden SBY tidak dapat menghadiri upacara itu karena dijadwalkan ada  kunjungan kerja di Bangkok dan Singapura.

JAKARTA - Menko Polhukam Djoko Suyanto mengakui bahwa penerapan 5 sila dari Pancasila belum dilakukan menyeluruh oleh berbagai elemen bangsa ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News