DK PBB Resmi Kutuk Rezim Assad

Tank Militer Syria Kembali Tembaki Warga, 45 Tewas

DK PBB Resmi Kutuk Rezim Assad
DK PBB Resmi Kutuk Rezim Assad
NEW YORK - Setelah melalui pembahasan yang alot, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) Rabu lalu (3/8) waktu AS atau kemarin WIB (4/8) akhirnya secara resmi mengeluarkan pernyataan mengutuk represi pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dalam menghadapi demonstran pro reformasi di Syria. Sejumlah kalangan memperkirakan keputusan itu bisa berujung pada intervensi militer seperti terjadi di Libya.

DK PBB memang tidak sampai mengeluarkan resolusi terkait Syria. Tetapi, pernyataan tersebut adalah kecaman tegas pertama yang dikeluarkan DK PBB. Rusia sebagai sekutu terdekat Syria juga mendukung. Bahkan, seluruh anggota DK yang berjumlah 15 negara (lima anggota tetap dan 10 anggota tidak tetap) menyepakati kecaman tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dari markas PBB di New York, AS, DK mendesak Syria menghormati hak asasi manusia (HAM) dan mematuhi kewajiban seperti diatur dalam hukum internasional. DK PBB menyesalkan pula pemerintahan Assad yang dinilai tidak konsisten untuk memenuhi janji reformasi yang pernah disampaikannya kepada rakyat Syria.

Pernyataan itu dikeluarkan DK PBB saat militer Syria terus menyerang dan menduduki Kota Hama, pusat aksi perlawanan anti pemerintah, yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban jiwa. Puluhan orang tewas setelah tank-tank militer melepaskan tembakan ke arah para demonstran saat menuju Lapangan Assi, di pusat kota berpenduduk 800 ribu jiwa tersebut.

NEW YORK - Setelah melalui pembahasan yang alot, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) Rabu lalu (3/8) waktu AS atau kemarin WIB (4/8)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News