Dolar Nyaris 15 Ribu, HIPMI Tunggu Aksi Jokowi

Dolar Nyaris 15 Ribu, HIPMI Tunggu Aksi Jokowi
Ilustrasi rupiah dan dolar. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolas US terus melemah. Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bahkan khawatir pekan depan bisa menyentuh Rp 15.000/USD.

Ketua BPP HIPMI Bidang Ekonomi Muhamad Idrus mengimbau presiden segera beraksi dengan memberikan solusi atas situasi yang terjadi.

“Antisipasi kemungkinan terburuk pekan depan, yaitu tembus Rp 15 ribu. Kami mengimbau dengan segera agar presiden bertindak,” kata Idrus kepada JPNN.com, di Jakarta, Jumat (6/7).

Idrus menyebutkan nilai tukar rupiah melemah bukan hanya semata karena persaingan dagang antara Amerika dengan Tiongkok dan Uni Eropa, namun juga disebabkan faktor internal.

Karena itu, Jokowi harus segera bertindak dengan mengeluarkan kebijakan penyelamatan rupiah.

Jika nilai tukar rupiah menembus angka Rp 15 ribu, lanjut Idrus, maka perekonomian Indonesia semakin terpuruk. Apalagi industri nasional banyak tergantung pada bahan baku impor.

“Semoga hal ini tidak terjadi, nilai tukar bisa kembali menguat. Industri kita didominasi Foot Loose Industry yang mengandalkan bahan baku impor. Kalau nilai tukar terus melemah, industri kita akan kolaps,” jelas dia.

BPP HIMPI juga mengimbau agar masyarakat tidak memborong dolar dan memiliki kepedulian terhadap kondisi perekonomian Indonesia saat ini.

Karena itu, Jokowi harus segera bertindak dengan mengeluarkan kebijakan penyelamatan rupiah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News