Domus Hippocampi Diharapkan jadi Daya Tarik Wisatawan

Domus Hippocampi Diharapkan jadi Daya Tarik Wisatawan
Bina Lingkungan (BL) di Sulawesi Utara dengan membangun terumbu karang buatan yang diberi nama domus hippocampi. Foto: Istimewa

jpnn.com - PT Pelni (Persero) bersinergi dengan PT Pelindo IV (Persero) dalam memperhatikan dan melestarikan lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan menggelar Bina Lingkungan (BL) di Sulawesi Utara. Sinergi Bina Lingkungan ini dilaksanakan bertepatan dengan Coral Day yang rutin digelar di Pulau Bangka. 

Kegiatan tersebut menggandeng Yayasan Terumbu Rupa, lembaga non profit yang memberikan perhatian khusus terhadap kondisi terumbu karang di Indonesia. Dalam kegiatan ini, Pelni dan Pelindo IV membuatkan rumah buatan bagi terumbu karang (artificial reef) yang akan ditempatkan di bawah laut Pulau Bangka, Sulawesi Utara.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni O.M. Sodikin berharap kehadiran rumah buatan terumbu karang dapat menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bangka.

"Rumah buatan terumbu karang ini berbentuk lorong sepanjang 20 meter. Karena di perairan Pulau Bangka mudah ditemui kuda laut, kami menyebut rumah buatan terumbu karang ini dengan nama domus hippocampi atau rumah kuda laut. Semoga sesuai namanya, kelak sudah banyak tumbuh terumbu karang, akan banyak pula kuda laut yang bermain di sekitar domus hippocampi ini," tutur O.M.Sodikin dalam siaran tertulisnya, Sabtu (24/11).

Rumah buatan terumbu karang merupakan rangkaian besi yang dialiri listrik untuk mempercepat pertumbuhan karang muda. Karena bentuknya yang menarik, rumah buatan terumbu karang yang dibangun oleh seniman Teguh Ostenrik ini dipastikan akan menjadi atraksi menarik bagi wisatawan.

Sebelumnya, Pelni dan Yayasan Terumbu Rupa juga pernah melakukan kegiatan serupa dengan membangun rumah buatan terumbu karang yang dinamakan domus arcae similis yang berarti rumah bahtera. Dengan panjang 15 meter dan bentuknya yang khas seperti perahu, domus arcae similis dapat ditemui di perairan Pulau Sepa, Kepulauan Seribu.

“Harapan kami, dengan komitmen dan kerjasama antara pemerintah, perusahaan BUMN dan masyarakat dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Indonesia temasuk wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil,“ tandasnya. (jpnn)


Pelni dan Pelindo IV membuat rumah buatan terumbu karang yang diberi nama domus hippocampi untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Pulau Bangka, Sulut.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News