Dorong Pelaku UMKM Ekspor, Bea Cukai Gelar Sosialisasi dan Koordinasi di 3 Wilayah Ini

Dorong Pelaku UMKM Ekspor, Bea Cukai Gelar Sosialisasi dan Koordinasi di 3 Wilayah Ini
Bea Cukai menggelar sosialisasi dan koordinasi bersama pihak instansi lainnya untuk mendukung peningkatan kualitas para pelaku UMKM. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggelar sosialisasi dan koordinasi bersama pihak instansi lainnya untuk mendukung peningkatan kualitas para pelaku usaha dalam negeri khususnya UMKM.

Adapun kegiatan itu dilaksanakan di tiga wilayah berbeda di antaranya Malang, Makassar, dan Langsa.

Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Sertifikasi Halal dan Pembiayaan bagi UMKM pada Senin (7/11).

Kegiatan yang digelar secara hybrid itu diikuti oleh lebih dari 50 UMKM yang bergerak di bidang makanan atau minuman di wilayah kerja Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan setiap pelaku UMKM mendapatkan bimbingan mengenai prinsip dan prosedur sertifikasi halal secara langsung dari Auditor Halal LPPOM MUI Jawa Timur dan Lembaga Solusi Halal PW ISNU Jawa Timur.

Menurut dia, kegiatan tersebut sangat penting dalam meningkatkan kualitas produk UMKM.

"Para peserta juga mendapatkan kesempatan praktik secara langsung untuk melakukan pengajuan/permohonan sertifikat halal,” ungkap Hatta.

Di Makassar, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) turut hadir dalam kegiatan Anging Mammiri Business Fair (AMBF) yang diprakarsai oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.

Bea Cukai menggelar sosialisasi dan koordinasi bersama pihak instansi lainnya untuk mendukung peningkatan kualitas para pelaku UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News