Dorong PEN, Gus Menteri Tinjau Potensi BUMDes di Blora

Dorong PEN, Gus Menteri Tinjau Potensi BUMDes di Blora
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar blusukan mengelilingi sejumlah desa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (18/9/2021). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, BLORA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar blusukan mengelilingi sejumlah desa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (18/9/2021).

Halim Iskandar turun langsung untuk meninjau berbagai potensi pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan BUMDes Bersama di daerah tersebut.

“Untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) level desa, yang pertama kita genjot adalah BUMDes dan BUMDes Bersama," ujarnya.

Salah satu BUMDes yang dikunjungi Halim Iskandar adalah BUMDes Maju Mapan, Desa Bangsri, Kecamatan Jepon.

BUMDes ini mengelola berbagai jenis usaha seperti ternak lele dan konveksi. BUMDes ini berhasil meraih omzet hingga lebih dari Rp30 Juta per bulan.

Pria yang akrab disapa Gus Menteri ini mengapresiasi kreativitas BUMDes Maju Mapan yang telah berhasil mempekerjakan sejumlah pemuda di desanya.

Menurut Gus Menteri, hakikat dikembangkan BUMDes adalah untuk memberikan dampak kesejahteraan untuk masyarakat setempat.

"Maka saya selalu tekankan, tidak boleh BUMDes atau BUMDes Bersama mengganggu berbagai usaha yang dilakukan masyarakat," ujarnya.

Gus Menteri mengapresiasi kreativitas BUMDes Maju Mapan salah satu BUMDes di Blora telah berhasil mempekerjakan sejumlah pemuda di desanya.