Dorong Pengembangan Pariwisata Berbasis NEWA, Begini Penjelasan Lestari Moerdijat

Dorong Pengembangan Pariwisata Berbasis NEWA, Begini Penjelasan Lestari Moerdijat
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pengembangan pariwisata berbasis Nature, Eco-tourism, Wellness tourism, dan Adventure tourism (NEWA).

Hal ini sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata sekaligus melestarikan lingkungan di kawasan-kawasan wisata di tanah air.

"Tren pariwisata pascapandemi mengarah pada konsep berwisata yang fokus menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar, yang terbilang aman dan berisiko lebih kecil karena jauh dari keramaian," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/6).

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada triwulan I 2023 secara kumulatif mencapai 2,5 juta kunjungan.

Jumlah tersebut meningkat sebanyak 508,87 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022.

Sementara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat kunjungan wisata alam ke kawasan konservasi pada 2022 sebanyak 5,29 juta orang yang terdiri dari wisman dan wisatawan lokal atau meningkat hampir dua kali lipat daripada pencapaian 2021.

Menurut Lestari, potensi ekowisata yang disukai para wisatawan, mancanegara dan lokal, ini harus terus didorong agar lebih berkualitas sehingga dampak pembangunan sektor pariwisata bisa semakin luas.

Rerie yang akrab disapa mendorong para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah tetap mengedepankan aspek pelestarian lingkungan pada kawasan-kawasan wisata yang diminati para wisatawan.

Begini penjelasan Lestari Moerdijat soal alasan dirinya mendorong pengembangan pariwisata berbasis NEWA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News