DPD: 15 tahun Terakhir, Kesenjangan Ekonomi Makin Tinggi

DPD: 15 tahun Terakhir, Kesenjangan Ekonomi Makin Tinggi
Irman Gusman. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan, kesenjangan ekonomi di tengah masyarakat semakin lebar dalam 15 tahun tahun terakhir. Hal itu ditunjukkan makin tingginya koefisien gini. Alhasil, distribusi pendapatan antara kelompok penduduk kaya dengan miskin makin menganga.

Menurut Irman, salah satu penyebab ialah melebarnya gap pendapatan atau gaji antara pekerja berkeahlian rendah dengan profesional yang memiliki pendidikan tinggi.

"Mengatasi hal tersebut, DPD berpendapat bahwa pemerintah harus mengambil sejumlah langkah dan kebijakan di bidang ketenagakerjaan di tahun depan yang bisa mengurangi kesejangan itu. Tidak cukup hanya dengan penetapan upah minimum, tetapi harus mencakup sistem pengupahan nasional secara keseluruhan," saran senator asal Sumatera Barat itu, Senin (21/12).

Pentingnya penetapan upah minimum (UMP/UMK) bersamaan dengan perbaikan sistem pengupahan, sambung Irman, ialah untuk membangun orientasi peningkatan pendapatan pekerja secara umum.

Hal itu sekaligus untuk memangkas kesenjangan antara pekerja berkeahlian rendah dengan pekerja profesional. (fas/jpnn)

 

 

 

JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan, kesenjangan ekonomi di tengah masyarakat semakin lebar dalam 15 tahun tahun terakhir. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News