DPD Anggap Ini Bukan Isu Kecil

DPD Anggap Ini Bukan Isu Kecil
DPD Anggap Ini Bukan Isu Kecil
JAKARTA --  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengatakan, kasus penangkapan petugas Satuan Kerja (Satker) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) oleh polisi Malaysia bukanlah kasus sepele. Alasannya, ini menyangkut masalah batas wilayah negara. DPD mendesak pemerintah Malaysia menyampaikan permintaan maaf secara terbuka. Penyampaikan maaf itu pun tidak cukup jika hanya dilakukan Dubes Malaysia untuk Indonesia.

“Penerobosan batas wilayah dan tindakan kriminal polisi Malaysia bukan isu kecil. “Karena bukan isu kecil, mestinya Pemerintah Malaysia beritikad baik menyampaikan permohonan maaf atas insiden tersebut, bukan mengecilkannya melalui pernyataan Duta Besar Malaysia," kata GKR Hemas di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Kamis (19/8).

Menurutnya, kejadian ini sungguh sangat memalukan. Polisi Malaysia dengan kekuatan sangat kecil dapat berbuat kriminal menangkap pegawai Pemerintah Indonesia yang sedang bertugas di wilayahnya sendiri. "Ini mencerminkan betapa kurang dipandangnya kedaulatan teritorial Indonesia,” ujarnya.

Dia mengatakan, hendaknya sikap sabar dan santun Indonesia tidak diterjemahkan sebagai kelemahan melainkan usaha untuk menjadi hubungan bertetangga yang baik. Seharusnya, Pemerintah Malaysia memperlihatkan sikap yang sama dengan beritikad baik untuk menyampaikan permohonan maaf.

JAKARTA --  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengatakan, kasus penangkapan petugas Satuan Kerja (Satker) Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News