DPR Apresiasi Langkah Cepat Kementan Tangani Wabah PMK

DPR Apresiasi Langkah Cepat Kementan Tangani Wabah PMK
Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS Hermanto mengapresiasi langkah cepat Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menangani penyakit mulut dan kuku (PMK). Ilustrasi Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko

jpnn.com, JAIPUR - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS Hermanto mengapresiasi langkah cepat Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menangani penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mengancam kesehatan hewan di seluruh Indonesia.

Meski demikian, Hermanto meminta agar pemerintah mempercepat proses vaksinasi secara massal sehingga para peternak dan masyarakat merasa aman dalam mengkonsumsi daging.

Mengingat sebentar lagi umat muslim merayakan hari raya Iduladha.

"Saya minta agar proses vaksin dipercepat. Kasihan para peternak dalam menghadapi iduladha," kata dia dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi IV DPR bersama Menteri Pertanian, di Jakarta, Senin (23/5).

Anggota lainya dari Fraksi Partai Golkar, Hanan A. Rozak mendukung upaya Kementan dalam mempercepat pembuatan vaksin dalam negeri.

Apalagi, kata Hanan, Kementan sudah menemukan serotipe yang sama dengan virus pada PMK.

"Kami sangat bersyukur Kementan sudah menemukan serotipe, sehingga vaksin ini bisa diproduksi di dalam negeri," ungkapnya.

Namun, kata dia, sebelum vaksin itu diproduksi jangka pendeknya adalah hewan yang sudah terkena virus harus dilakukan pemotongan atau dimusnahkan.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS Hermanto mengapresiasi langkah cepat Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menangani penyakit mulut dan kuku (PMK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News