DPR Dorong Komputerisasi Tes CPNS

DPR Dorong Komputerisasi Tes CPNS
DPR Dorong Komputerisasi Tes CPNS
JAKARTA - Komisi II DPR RI mendukung penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam tes CPNS. Selain efisien dari segi waktu, sistem itu diyakini mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) KKN karena jawaban hasil tes CPNS langsung dapat diketahui tanpa menunggu waktu lebih lama.

"Kami mendukung program BKN ini dalam upaya mengurangi kecurangan selama seleksi CPNS. Karena setiap tahunnya ada saja laporan pengaduan tentang beroperasinya calo CPNS dan adu koneksi," kata Vanda Sarundajang, anggota Komisi II DPR RI dalam raker dengan Menteri Negara PAN&RB EE Mangindaan, Senin (29/11).

Kepala BKN Edy Topo Ashari menyatakan, sebenarnya sistem CAT ini sudah dua tahun dilaksanakan. Hanya saja, rata-rata penggunaannya masih oleh instansi pusat dan beberapa daerah beberapa saja. Dari sekian daerah, baru Jawa Timur yang keseluruhan menggunakan sistem CAT.

Kesungguhan dan komitmen kuat dari Gubernur Jatim membuat daerah tersebut dijadikan pilot project nasional program CAT.

JAKARTA - Komisi II DPR RI mendukung penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam tes CPNS. Selain efisien dari segi waktu, sistem itu diyakini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News