DPR Klaim Kunker Luar Negeri Tetap Efektif

DPR Klaim Kunker Luar Negeri Tetap Efektif
DPR Klaim Kunker Luar Negeri Tetap Efektif
JAKARTA - Ketua Komisi II Chairuman Harahap menegaskan, kunjungan kerja ke luar negeri tetap efektif untuk menunjang tugas dewan. Sebab, setiap anggota DPR bisa melakukan perbandingan langsung sebuah kebijakan yang diterapkan di luar negeri dengan kondisi di dalam negeri.

Selain itu, DPR juga bisa mengambil atau mencontoh sebuah kebijakan yang dirasa baik untuk diterapkan di Indonesia. "Kunjungan kerja ini sangat efektif. Tetapi itu tergantung pada pengaturannya. Kalau kami di India, pengaturan oleh Kedubes cukup baik. Kami bertemu dengan banyak lembaga di sini. Acaranya juga padat sekali," ujarnya, Rabu (4/5).

Bersama Chairuman, ada sembilan anggota Komisi II yang tengah berada di India. Mereka berangkat pada 3 Mei lalu dan dijadwalkan kembali ke tanah air tanggal 7 Mei. Menurut Chairuman, Komisi II banyak belajar mengenai tata kependudukan, reformasi administrasi, sistem pemilu, serta hubungan pusat-daerah. "Kita yakin ada yang bisa diimplementasikan di paket Undang Undang politik nanti," tandasnya.

Di sisi lain, pelaksanaan kunker sejumlah komisi yang terus marak belakangan ini, mendapat dukungan dari internal kalangan dewan. Wakil Ketua Komisi Keuangan Achsanul Qosasi menyatakan, agar berbagai pihak tidak apriori terlebih dulu dengan pelaksanaan salah satu tugas kedewanan tersebut.

JAKARTA - Ketua Komisi II Chairuman Harahap menegaskan, kunjungan kerja ke luar negeri tetap efektif untuk menunjang tugas dewan. Sebab, setiap anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News