DPR: Percepat Relokasi Korban Bencana Curug Kembar Sukabumi

DPR: Percepat Relokasi Korban Bencana Curug Kembar Sukabumi
Anggota Fraksi PKS DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi), Yudi Widiana. FOTO: Fraksi PKS DPR

jpnn.com - SUKABUMI – Anggota Fraksi PKS DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi), Yudi Widiana meminta agar mempercepat relokasi korban bencana longsor dan pergeseran lahan di Kecamatan Curug Kembar, Sukabumi, Jawa Barat ke tempat yang aman.

Hal itu disampaikan Yudi saat meninjau para warga korban longsor tersebut di desa Nagrek Jaya dan Cimenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (7/8).

“Saya mendorong agar segera dibangun rumah gratis bagi korban bencana. Kami minta Pemkab Sukabumi segera membuat surat permohonan dan menyediakan lahan untuk lokasi perumahan,” jelas Yudi melalui siaran persnya.

Untuk mempercepat proses tersebut, Yudi menegaskan telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun rumah khusus bagi para korban. Tercatat, hingga kini, terdapat 448 (empat ratus empat puluh delapan) Kepala Keluarga atau sekitar 1.222 jiwa yang menjadi tunawisma.

“Saya juga berharap proses pengajuan dapat segera dilakukan, agar pembangunan rumah khusus di perkampungan baru dapat berjalan tahun ini sehingga aman dari pergerakan tanah. Sedangkan, lokasi perkampungan yang terkena bencana dapat dijadikan kawasan hijau untuk mencegah terjadinya longsor,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini.

Menurut Yudi, fenomena tanah bergerak di Desa Nagrek Jaya bukan kali ini terjadi. Bencana serupa pernah terjadi pada 2012 dan menyebabkan puluhan rumah rusak. Sedangkan untuk Desa Cimenteng baru pertama kali terkena fenomena ini.

Dalam kunjungan tersebut, Yudi didampingi tim dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan SAR Nasional, dan Badan Penanggulangan Bencana Pusat.

Sebagai bagian dari kepedulian mendalam, Yudi pun menyerahkan bantuan pompa air dan fasilitas penampungan air bersih untuk Pesantren di Desa Nagrek Jaya.(fri/jpnn)


SUKABUMI – Anggota Fraksi PKS DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi), Yudi Widiana meminta agar mempercepat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News