DPR Pilih Lima Anggota BPK 2019-2024, Harry Azhar dan Achsanul Qosasi Masuk Lagi

DPR Pilih Lima Anggota BPK 2019-2024, Harry Azhar dan Achsanul Qosasi Masuk Lagi
Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi XI DPR menggelar pemungutan suara atau voting untuk memilih calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024, Rabu (25/9) malam. Hasilnya, ada lima nama pilihan DPR yang akan duduk di lembaga audit keuangan negara itu.

Proses pemilihan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR Soepriyatno. Ada 56 anggota Komisi XI DPR yang memberikan suaranya.

Masing-masing anggota Komisi XI DPR memilih lima dari 55 nama calon. Setelah hasil voting dihitung, muncul lima nama dengan jumlah suara terbanyak.

Yang pertama adalah Pius Lustrilanang dengan 43 suara. Selanjutnya ada Daniel Lumban Tobing (41 suara), Achsanul Qosasi (31 suara) dan Harry Azhar Aziz (29 suara). Achsanul dan Harry merupakan calon petahana yang kembali terpilih.

Soepriyatno pun menanyakan apakah lima nama itu bisa disetujui menjadi komisioner BPK 2019-2024. "Setuju?" tanya Soepriyatno kepada anggota Komisi XI DPR. Sontak para anggota kompak menjawab setuju.

Selanjutnya, ujar Soepriyatno, lima nama itu akan disahkan dalam rapat paripurna DPR. Rencananya rapat paripurna akan digelar pada Kamis (25/9).

Sebelumnya, komisi yang membidangi keuangan itu sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon komisioner. Komisi juga sudah mempertimbangkan rekomendasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD), sebelum memilih lima komisioner di lembaga audit keuangan negara tersebut.(boy/jpnn)

Komisi XI DPR menggelar pemungutan suara atau voting untuk memilih calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024, Rabu (25/9) malam.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News