DPR Punya Saran Buat KLHK yang Harus Dijalankan

DPR Punya Saran Buat KLHK yang Harus Dijalankan
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin. Foto: dpr.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi IV DPR Sudin mengusulkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar agar meminta perusahaan hutan tanaman industri (HTI) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk pandemi virus corona, lewat corporate social responsibility (CSR) mereka.

“Bu Menteri, pelaku HTI kan untungnya besar sekali. Kontribusinya apa kepada KLHK? Minta CSR kepada mereka berupa APD dan lain-lain,” kata Sudin saat rapat kerja Komisi IV DPR dengan Menteri Siti dan jajaran secara virtual, Rabu (8/4).

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa jangan meminta CSR dalam bentuk uang tunai, tetapi barang-barang seperti APD serta lainnya yang diperuntukkan bagi karyawan KLHK di mana pun.

"Jangan berupa uang tunai, tetapi bantuan APD untuk seluruh karyawan KLHK, termasuk di taman-taman nasional, petugas kebersihan pengangkut sampah dan lain-lain,” ungkapnya.

Sudin menegaskan bila perlu setiap kabupaten harus ada CSR dari pengusaha HTI dan tambang. “Ini saran saya kepada menteri yang harus dijalankan,” tegas Sudin.

Sementara, anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo sepakat supaya CSR perusahan-perusahaan dioptimalkan.

Dia menjelaskan selama ini perusahaan menggunakan CSR itu untuk kepentingan mereka.

“Ini mungkin bisa dioptimalkan agar fokus pada pengadaan seperti sembako, karena sebentar lagi memasuki Ramadan, kemudian Idulfitri,” kata Firman dalam rapat itu.

Ketua Komisi IV DPR Sudin meminta Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar menjalankan saran dari komisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News