Dua Astronot NASA Mulai Perbaiki Stasiun ISS

Dua Astronot NASA Mulai Perbaiki Stasiun ISS
Dua Astronot NASA Mulai Perbaiki Stasiun ISS

jpnn.com - PASADENA--Astronot Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, mulai melakukan kegiatan di luar stasiun untuk memperbaiki pompa pendingin pada Stasiun Antariksa Internasional (ISS) yang mengalami kerusakan.

Dua astronot keluar dari stasiun antariksa itu Sabtu (21/12) untuk bekerja selama hampir tujuh jam di luar stasiun yang mengorbit itu, dimana mereka akan melepas sambungan pompa amoniak yang rusak.

Kegiatan kedua dijadwalkan Senin (23/12) untuk menyelesaikan seluruh rangkaian perbaikan. Pasalnya, kerusakan pompa amoniak membuat sistem pendingin stasiun antariksa berhenti bekerja beberapa hari yang lalu.

Hal itu memaksa stasiun antariksa internasional itu menggunakan sistem cadangan untuk mendinginkan peralatan internal maupun eksternal sejak kerusakan tersebut. Kerusakan itu juga membuat para astronot mematikan peralatan non esensial termasuk beberapa eksperimen ilmiah.

Seperti dilansir BBC, Sabtu (21/12), dua astronot, Rick Mastracchio dan Mike Hopkins , memulai spacewalk atau perjalanan di luar stasiun setinggi 418km ( 260 mil ) di atas permukaan bumi pada sekitar pukul 12:00 GMT. Pada spacewalk kedua dijadwalkan hari Selasa jam 12:10 GMT, dimana dua astronot akan memasang pompa baru.

NASA mengatakan spacewalk ketiga kemungkinan tidak diperlukan, karena keberhasilan operasi Sabtu kemarin. (esy/jpnn)

 


PASADENA--Astronot Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, mulai melakukan kegiatan di luar stasiun untuk memperbaiki pompa pendingin pada Stasiun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News