Dua Kapal Penumpang Bersenggolan

Dua Kapal Penumpang Bersenggolan
Dua Kapal Penumpang Bersenggolan

jpnn.com - BANYUWANGI – Dua kapal motor penumpang (KMP) berbenturan di kawasan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Selasa sore (27/5). Diduga, peristiwa tersebut terjadi karena sling gas KMP Jambo VIII putus.

Berdasar informasi, kejadian itu bermula saat KMP Jambo VIII hendak sandar di Dermaga movable bridge (MB) II, Pelabuhan Ketapang. Saat mendekati dermaga, kapal tersebut tiba-tiba berbalik arah seperti kehilangan kendali.

Karena itu, bagian depan KMP Jambo VIII berbenturan dengan kapal lain yang juga tengah berada di sekitar pelabuhan. Kejadian tersebut sontak membuat penumpang yang bersiap turun dari kapal panik. Bahkan, beberapa penumpang sempat histeris.

Selain itu, saat hendak menepi, kapal nahas tersebut malah menyerempet kapal patroli Syahbandar yang tengah parkir di sebelah Dermaga MB II, Pelabuhan Ketapang. KMP Jambo VIII juga menyerempet Dermaga MB II, Pelabuhan Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi itu.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 15.00 tersebut. Seluruh penumpang berhasil dievakuasi tanpa cedera sedikit pun. Kapal lain yang sempat berbenturan dengan KMP Jambo VIII juga bisa melanjutkan perjalanan karena tidak mengalami kerusakan.

Slamet, salah seorang penumpang, menyatakan, kapal tersebut tiba-tiba berbalik arah saat sudah mendekati Dermaga MB II. ’’Menurut anak buah kapal (ABK), sling gas kapal itu putus,’’ ujarnya.

Taufik, penumpang lain, menambahkan bahwa bagian depan kapal berbenturan cukup keras dengan kapal lain saat berbalik arah. ’’Penumpang sempat panik. Sampai ada beberapa penumpang yang histeris,’’ katanya.

Lantas, ujar dia, kapal tersebut berhasil menepi di sela Dermaga MB II. Saat (mas)uk ke samping dermaga, KMP Jambo VIII itu malah menyerempet kapal kecil yang tengah sandar di sana. ’’Tetapi kapal kecil tersebut tidak sampai rusak. Yang rusak hanya tali untuk menambatkan kapal,’’ tuturnya.

BANYUWANGI – Dua kapal motor penumpang (KMP) berbenturan di kawasan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Selasa sore (27/5). Diduga, peristiwa tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News