Dua Politeknik jadi PTN

Dua Politeknik jadi PTN
Dua Politeknik jadi PTN
JAKARTA--Dua perguruan tinggi swasta (PTS), yakni Politeknik Nusa Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, dan Politeknik Bengkalis, Riau akhirnya berubah status menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Perubahan status ditandai dengan penyerahan asset kepada Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Rabu (9/2).

Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh menyerahkan aset berupa tanah, bangunan, sarana, dan prasarana kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemdiknas, Djoko Santoso. Adapun aset berupa sumber daya manusia diserahkan oleh Kepala Yayasan Bangun Insani Sulaiman Zakaria. Sementara, aset berupa tanah, bangunan, sarana, prasarana, dan sumber daya manusia Politeknik Nusa Utara diserahkan oleh Bupati Kepulauan Sangihe Winsulangi Salindeho.

Djoko menjelaskan, selama ini kedua politeknik ini sudah dikelola secara baik dengan akuntabilitas tinggi. Ke depan, terang Djoko, politeknik negeri ini dapat dikelola bersama. Pihaknya meminta kepada kedua pemerintah daerah agar tetap  mengalokasikan anggaran. "Kami berharap kerja sama semakin erat untuk perkembangan area perbatasan kita. Area ini menjadi ruang depan dari rumah kita," terang Djoko.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal yang juga turut menyaksikan penyerahan asset mengungkapkan, dinegerikannya politeknik ini bertujuan untuk membuka akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi. Namun demikian, kata dia, akses yang dibuka lebar ini harus diikuti dengan mutu yang baik.

JAKARTA--Dua perguruan tinggi swasta (PTS), yakni Politeknik Nusa Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, dan Politeknik Bengkalis, Riau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News