Dua Tewas Satu Buta Konsumsi Miras Oplosan

Dua Tewas Satu Buta Konsumsi Miras Oplosan
Dua Tewas Satu Buta Konsumsi Miras Oplosan
SORONG- Keracunan akibat menenggak miras alkohol  berkadar  70 persen yang dicampur coca cola yang menimpa sekelompok pemuda asal Distrik Morait Kabupaten Tambrauw benar-benar berakibat fatal.

Selain menelan 2 korban jiwa, kasus keracunan ini juga mengakibatkan seorang korban, Roby Ulimene (15)  mengalami kebutaan.  Dengan kondisinya itu, korban Roby Ulimene akhirnya masuk ruang ICU RSUD setelah malam harinya mengalami kebutaan dan kondisinya mulai menurun.

Menurut  dokter ahli syaraf RSUD Sorong, dr A.R. Irawan Santosa, Sp.S  pada pasien Roby Ulimene, terjadi gangguan syaraf di matanya sehingga menyebabkan kebutaan. ”Berdasarkan pemeriksaan tadi pagi, kesadarannya baik, cuma memang omongannya masih belum normal. Dan memang dia (Roby, Red) mengalami gangguan penglihatan, dan itu total. Karena tadi saya cek untuk reflek cahayanya juga tidak ada dan negatf. Sehingga sampai dengan saat ini kami masih mengobservasi prognosis perjalanan penyakitnya,”terang dr Irawan.

Lebih lanjut  dijelaskan oleh dr. Irawan, bahwa apa yang dialami oleh  Roby dalam istilah kedokteran disebut dengan wernicke encephaloparhy . Yakni  akibat dari penyalahgunaan alkohol yang berakibat adanya kerusakan sistem syaraf di tubuh manusia. Makanya sampai dengan saat ini kami masih mengobservasi si pasien, apakah kebutaanya ini karena gangguan hanya pada syaraf-syaraf yang ada di matanya ataukah sudah sampai kepada syaraf-syarafnya yang ada di otak,” jelasnya.

SORONG- Keracunan akibat menenggak miras alkohol  berkadar  70 persen yang dicampur coca cola yang menimpa sekelompok pemuda asal Distrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News