Dua TKI Cianjur Meninggal di Arab Saudi

Dua TKI Cianjur Meninggal di Arab Saudi
Ilustrasi TKI. Foto: tanjungpinangpos/JPG

jpnn.com, CIANJUR - Dua orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang bekerja di Timur Tengah dikabarkan meninggal dunia. Hingga kini kepulangan jenazah keduanya masih belum jelas dan hak-haknya yang tergantung belum ada kepastian.

Dua TKI tersebut yakni Enung Suntasih (49), warga Kampung Sukaresik RT01 RW05, Desa Ciandam, Kecamatan Mande, dan Jabar bin Sobandi (41), warga Kampung Bihbul, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.

Ketua DPC Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (Astakira) Pembaharuan Kabupaten Cianjur Ali Hildan mengatakan, Enung Suntasih sudah bekerja selama 12 tahun di Arab Saudi, dan beberapa hari lalu pihak keluarga mendapat informasi jika Enung sudah meninggal dunia.

Pihak keluarga sudah menerima kepergian anggota keluarganya dan menyerahkan pemakaman untuk dilakukan di Arab Saudi.

Sementara itu, kelurga dari Jabar meminta agar anggota keluarganya yang sudah bekerja sekitar 10 tahun di Arab Saudi tersebut untuk dipulangkan dan dimakamkan di kampung halaman.

“Saat ini kami terus lakukan komunikasi agar pemakaman Enung disegerakan, dan untuk Jenazah dari Jabar juga bisa secepatnya dipulangkan,” kata Ali.

Selain meminta untuk percepatan proses pemakaman dan pemulangan jenazah, pihaknya juga mendorong KBRI, Kemenlu dan pihak terkait untuk memastikan hak-hak dari kedua TKI yang meninggal tersebut segera dipenuhi sehingga bisa diterima oleh pihak keluarga.

“Ada beberapa hak yang nantinya harus dipenuhi, dan kami akan perjuangkan,” tuturnya. (kim)

Enung Suntasih sudah bekerja sebagai TKI selama 12 tahun di Arab Saudi, sementara Jabar bin Sobandi telah bekerja 10 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News