Kamis, 22 Agustus 2019 – 03:49 WIB

Ducati Cemaskan Fisik Rossi

Jumat, 24 Desember 2010 – 15:21 WIB
Ducati Cemaskan Fisik Rossi - JPNN.COM

ROMA - Valentino Rossi segera memasuki pengalaman baru dengan tim barunya, Ducati. Pabrikan asal Italia itu mendapatkan tanda tangan Rossi musim lalu sekaligus mengakhiri berbagai rumor yang berkaitan dengan juara tujuhkali di kelas premier itu. Namun, sedikit kekhawatiran masih dirasakan Ducati di masa persiapan.

Manajer bidang olahraga Ducati, Filippo Preziosi menegaskan, saat ini pihaknya mencemaskan program latihan yang sedang dijalani Rossi. Dia mengungkapkan kecemasannya hal itu mungkin saja terganggu. Sebab, pembalap yang mendapatkan julukan The Doctor itu masih dalam proses penyembuhan pascaoperasi cedera bahu.

Rossi musim depan bergabung dengan Ducati setelah meninggalkan Yamaha. Tapi, persiapan untuk kembali merajai MotoGP sedikit terganggu karena harus menjalani operasi bahu, usai melakukan tes akhir musim di Valencia, November lalu. Cedera bahu itu menimpanya akibat kecelakaan saat berlatih dengan Motocross, April lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan Motosprint, Preziosi mengonfirmasi bahwa kebugaran Rossi mengkhawatirkan. Ini membuat dia pesimistis Rossi bisa tampil maksimal dalam uji coba resmi perdana 2011 yang berlangsung di Malaysia, awal Februari nanti.

"Saat ini, hal yang mencemaskan saya bukan masalah teknis," ujar Preziosi. "Saya tak bisa membayangkan saat dia membutuhkan kondisi fisik yang bagus untuk tampil agresif di lintasan. Valentino akan datang ke Sepang setelah pemulihannya berlangsung baik dari sudut pandang medis, tapi secara fisik kondisinya masih jauh dari harapan. Selain itu, dia tidak istirahat selama musim dingin, karena harus berusaha untuk memulihkan kondisi," tambahnya seperti dikutip Autosport.

Dengan alasan kondisi fisik yang belum mencapai puncak itu, menurut Preziosi, bukan hal yang tak mungkin jika Rossi tak memiliki banyak kesempatan menaklukkan banyak lap saat ujicoba. Padahal, butuh waktu yang panjang saat menjalani tes, untuk mengenal karakteristik Ducati.

"Kami harus meminta kepadanya untuk tidak terlalu banyak melakukan tes. Temperatur di Sepang sangat tinggi dan kondisinya sangat ekstrem," jelas Preziosi.

Untuk itu, Ducati berharap Rossi menyelesaikan tugas terberatnya di musim dingin, yaitu pulih 100 persen. Hal itu sudah akan memberikan dukungan besar bagi Ducati untuk bisa mendapatkan data yang diperlukan sebelum mengawali musim.

"Kami harus mampu melakukannya tanpa melalui semua tes seperti yang diinginkan. Lebih baik demikian, daripada memaksa Valentino melakukan aktivitas yang berlebihan, tapi akibatnya proses pemulihannya berjalan lambat," lanjut Preziosi.

Dengan prioritas tersebut, berarti Ducati akan mengorbankan jatah waktu uji coba, supaya masa istirahat Rossi tak terganggu. Energi Rossi bakal dihemat supaya begitu musim dimulai dia sudah fit dan siap bertarung untuk satu musim penuh.

"Yang pasti, kami harus memastikan dia akan kembali ke lintasan karena dia tentu ingin memahami dan mengembangkan motor sebisa mungkin. Untuk melakukan itu, dia akan melakukan latihan," kata Preziosi. (ady/ito/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar