Duh, Sudah Lima Pelajar Kena HIV/AIDS

Duh, Sudah Lima Pelajar Kena HIV/AIDS
Aktivis Tasikmalaya Suarakan Pemberantasan HIV AIDS Ilustrasi by:

jpnn.com, BREBES - Virus imunodifisiensi manusia atau human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tak hanya menjangkiti kalangan dewasa. Sebab, ada lima pelajar di kabupaten penghasil bawang itu yang positif mengidap HIV/AIDS.

Kelima pelajar pengidap HIV/AIDS itu semuanya laki-laki. Mereka teridentifikasi sebagai gay atau penyuka sesama jenis.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Brebes Tohani mengatakan, kelima pelajar yang terjangkiti HIV/AID itu merupakan siswa sekolah menengah atas. "Mereka kebetulan berasal dari wilayah Brebes Selatan," ujarnya seperti diberitakan radartegal.com.

Selain dari wilayah Brebes selatan, penderita HIV/AIDS di kalangan pelajar juga ada di wilayah tengah dan wilayah pantura. Namun, katan Tohani, Mayoritas memang dari Brebes Selatan.

“Ada dari Tonjong, Bantarkawung, Bumiayu dan lainnya. Mereka adalah pelajar SMA, SMK, dan MAN. Untuk persentase penderita di HIV/AIDS dari LSL (lelaki seks dengan lelaki, red) mencapai 30 persen dari jumlah penderita," ucapnya.

Menurut Tohani, KPA mencatat hingga saat ini ada 612 warga Brebes positif terkena HIV/AIDS. Pada 2016, sedikitnya 125 penderita HIV/AIDS dilaporkan telah meninggal dunia.

Sementara di 2017 ini sedikitnya ada 149 orang positif terkena HIV/AIDS. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 132 orang.

"Untuk penularan dari penyakit ini ialah melalui tiga cairan. Yang pertama cairan sperma dari penderita, cairan darah, dan cairan susu ibu. Kalau ibunya positif menderita HIV/AIDS bayi tidak boleh minum ASI, harus pake susu formula," ungkapnya. (fid/ism/zul)


Virus imunodifisiensi manusia atau human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS) di Brebes sudah menyerang kalangan pelajar.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News