Dukung Pemberdayaan UMKM, Kemenkeu Satu Gelar Pendampingan Ekspor

Dukung Pemberdayaan UMKM, Kemenkeu Satu Gelar Pendampingan Ekspor
Unit eselon I Kementerian Keuangan (Kemenkeu Satu) melaksanakan pendampingan ekspor bagi para pelaku UMKM di berbagai daerah. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Unit eselon I Kementerian Keuangan (Kemenkeu Satu) melaksanakan pendampingan ekspor bagi para pelaku UMKM di berbagai daerah.

Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung pemberdayaan UMKM dan fasilitasi ekspor.

Bea Cukai, sebagai bagian dari Kemenkeu Satu yang mengemban tugas dan fungsi sebagai trade facilitator terlibat aktif dalam pendampingan tersebut.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan UMKM merupakan motor penggerak ekonomi Indonesia yang sangat berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

"Melalui kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah, kami bersinergi dalam lingkup Kemenkeu Satu, mendukung dan memberdayakan UMKM untuk meningkatkan potensinya agar lebih maju dan dapat bersaing di pasar internasional," ungkap Hatta Wardhana.

Dia menyebutkan di awal Maret 2023, Bea Cukai Tarakan dan unit vertikal Kemenkeu lainnya telah melaksanakan pelatihan ekspor UMKM.

Kegiatan yang diikuti oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Bulungan itu diisi dengan materi tata cara impor dan ekspor. 

Tak jauh berbeda, di Palangkaraya, dukungan tersebut terwujud melalui penyelenggaraan talkshow bertajuk "UMKM Go Global Ekspor melalui Kalteng" pada 14 Maret 2023.

Unit eselon I Kementerian Keuangan (Kemenkeu Satu) melaksanakan pendampingan ekspor bagi para pelaku UMKM di berbagai daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News