Dukung Rencana Anies, Hanafi Rais Tawarkan Becak Listrik

Dukung Rencana Anies, Hanafi Rais Tawarkan Becak Listrik
Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melegalkan becak beroperasi di ibu kota mendapat apresiasi dari anggota DPR RI Hanafi Rais.

Namun, politikus PAN itu mengusulkan becak yang diizinkan beroperasi bukanlah model konvensional, melainkan becak listrik.

“Pada 2014 lalu saya pernah meluncurkan becak bertenaga listrik yang mampu berjalan 60 kilometer di Yogyakarta. Becak itu adalah hasil kreasi warga Yogyakarta, Winawan atau Wiwin dengan memodifikasi becak model lama yang masih digenjot,” kata wakil ketua umum DPP PAN ini, Senin (29/1).

Becak listrik yang diluncurkan Hanafi Rais pada 2014 lalu selain menggunakan tenaga listrik atau batere, becak tersebut juga masih bisa digenjot dengan tenaga manusia.

Becak tersebut masih seperti bentuk aslinya. Hanya sedikit modifikasi untuk menempatkan dinamo di bagian bawah jok.

Sistem listrik becak ini menyerupai dengan motor matik. Penggerak utama adalah sebuah dinamo dan batere dari aki. Pengisian aki hanya membutuhkan listrik 30 watt, sehingga daya listrik di rumah semisal 450 watt atau 900 watt bisa digunakan.

Aki tersebut diisi selama 4 jam dapat mengangkut beban sekitar 300 kilogram. Jarak tempuh 60 kilometer dan dapat digunakan selama 16 jam.

Konsep becak listrik ini, lanjut Hanafi, tidak berpotensi menambah tingkat urbanisasi ke ibu kota. Pasalnya, hanya memodifikasi becak lama yang sudah ada, bukan membuat baru.

Politikus PAN Hanafi Rais ingin ikut mendukung rencana Anies Baswedan melegalkan becak di ibu kota. Dia menawarkan konsep becak listrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News