Dukung UMKM, Waskita Beri Pinjaman Modal ke Mitra Binaan Kerajinan Kulit di Garut

Dukung UMKM, Waskita Beri Pinjaman Modal ke Mitra Binaan Kerajinan Kulit di Garut
Salah satu UMKM kerajinan kulit binaan Waskita Karya di Garut, Jawa Barat. Foto dok Waskita

jpnn.com, GARUT - PT Waskita Karya (Waskita) Tbk terus memberi perhatian kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan memberikan pinjaman modal usaha

Salah satunya kepada mitra binaan bernama Een Suhendi yang bergerak di bidang kerajinan kulit dan berlokasi di Sentra Kerajinan Kulit Garut, Jawa Barat.

Een Suhendi bersama tujuh rekan telah menjalankan usahanya secara turun temurun. Usaha ini memproduksi berbagai macam kerajinan kulit seperti sepatu, tas, topi, jaket, dompet dan sandal. Pemberian pinjaman modal usaha ini dilakukan sejak 2018 dan berlanjut hingga saat ini dengan nilai pinjaman mencapai Rp370 juta.

Pinjaman modal usaha tersebut dipergunakan untuk pengembangan usaha milik Een Suhendi dan tujuh rekannya. Mereka masing-masing mempunyai toko sendiri yang terletak berdekatan di Sentra Kerajinan Kulit Garut.

“Jadi modal Rp370 juta itu dibagi untuk 8 orang di bawah naungan Een Suhendi Group. Ada yang mendapatkan Rp50 juta, ada juga yang mendapatkan Rp40 juta. Pemberian modal ini tidak lain bertujuan untuk mengembangkan usaha mitra binaan agar menjadi lebih maju. Selain itu omzet yang diperoleh diharapkan semakin meningkat dari sebelumnya,” ujar Head of Small Medium Enterprise & Social Responsibility Partnership Program Unit PT Waskita Karya Tbk Meiriawan.

Selain dipasarkan secara langsung di toko, Een Suhendi Group juga memasarkan produknya melalui online shop. Hal ini dilakukan agar usahanya bisa dikenal secara luas oleh masyarakat.

Di samping itu penjualan juga dilakukan berdasarkan pesanan dengan penjualan putus dan pembayaran jatuh tempo.

Een Suhendi Group juga melakukan penawaran langsung kepada instansi-instansi, toko-toko, agen/grosir, dan sales perorangan. Hingga saat ini omzet yang diperoleh Een Suhendi Group telah mencapai Rp774 juta per tahun.(chi/jpnn)

Pinjaman modal usaha dari Waskita Karya tersebut dipergunakan untuk pengembangan usaha milik Een Suhendi dan tujuh rekannya.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News